Cara Membuat Smart Goal

Menulis sebuah tujuan untuk perjalanan hidup itu adalah sebuah tindakan yang mulia. Tentunya agar kita hidup di dunia ini memberikan banyak manfaat bagi manusia yang berada di sekeliling kita.  ‘Lebih Baik mati muda, meninggalkan sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak dari pada Hidup lama di dunia (Tua) menyusahkan banyak orang’ itu sebuah quote yang saya ambil dari sebuah buku yang pernah saya baca.

Ketika saya mulai menginjak Bina Nusantara di pertengahan tahun 2007, saya tertarik dengan 1 materi yang membakar habis semangat saya untuk berkuliah di Binus University. Dan menurut saya cara tersebut adalah cara Binus (Bina Nusantara) untuk mendidik calon mahasiswa dan mahasiswi nya untuk memiliki tujuan hidup saat ini dan yang akan datang.

“If You don’t know where you are going, you will probably end up someplace else”

Cara membuat Smart Goal / Menetapkan tujuan yang efektif itu ada 5 (SMART) :

1.  Spesifik

Maksudnya adalah target apa yang akan dicapai, dalam jangka waktu yang pendek/panjang. Tentunya itu adalah suatu target yang positif, dan merupakan suatu keyakinan yang timbul dari  hati masing-masing dari kita. Bukan ikut-ikutan teman, sahabat, ataupun pacar.

2. Measurable

Setelah mengetahui target yang akan dicapai, tentunya kita harus mempunyai kemauan untuk bergerak. Baik itu belajar maupun bekerja, pastinya itu harus dilakukan secara rutin dalam keseharian kita.

3. Attainable

Target yang di inginkan adalah target yang sesuai dengan peran kita, maksudnya dalam jangka waktu beberapa hari/ bulan kalau dilakukan dengan sungguh-sungguh maka target tersebut dapat benar-benar terwujud.

4. Realistic

Inilah yang terkadang kita abaikan dalam mengimplementasikan, yang sudah kita rencanakan. Rencana kita kedepan boleh besar, akan tetapi kita juga harus konsisten dengan apa yang sudah direncakan.

5. Time Bound/ Deadline

Inilah hal yang terbiasa dilakukan oleh orang Indonesia (memelihara pohon karet), lebih senang menunda-nunda pekerjaan. Dan yang terjadi adalah Telat, parahnya target-target yang direncanakan tidak akan tercapai.

” Time is Sword “

Itulah 5 cara yang dilakukan kebanyakan dari para orang sukses /beruntung. Tentunya dengan target-target yang positif, mulai dengan hal yang kecil, bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan, Ulet dan pantang menyerah.

  • Impikanlah hasilnya
  • Berjuang di setiap prosesnya, ingat ‘bukan pada hasilnya’
  • Selalu melebarkan sayap/ network
  • Jangan terlalu muluk-muluk/ banyak rincian.
  • Evaluasi disetiap tindakan.
  • Selalu jujur pada diri sendiri
  • dan Tetap Fokus terhadap Tujuan hidup/target.

Regards,

Subhan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink. Both comments and trackbacks are currently closed.